Minggu, 11 Desember 2016

Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui

Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui – Tahu adalah salah satu jenis makanan yang terbilang harganya murah. Namun dibalik kemurahannya, tahu meyimpan sejuta kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya adalah protein, karbohidrat, kalori, vitamin B-Kompleks yang meliputi vitamin E, vitamin E maupun thiamin. Selain itu, juga kaya akan kandungan fosfor, mineral, dan asam lemak tak jenuh sebanyak 80 persen.

Tahu memang makanan yang enak dan bisa dimasak dengan berbagai aneka hidangan, mulai dari di goreng atau disiram dengan bumbu. Jenis tahu ini terbuat dari olahan kedelai yang sudah dinobatkan sebagai protein nabati untuk perbaikan gizi. Meskipun tahu sering dianggap makanan desa yang tidak berkelas, tetapi manfaat yang ada di dalamnya sungguh luar biasa. Mungkin di bawah ini ada beberapa manfaat tahu yang jarang kita ketahui. Sebelumnya, ada baiknya anda mengetahui khasiat daun sirsak dan manfaatnya bagi kesehatan anda.

Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui


Sebagai Sumber Kalsium
Tahu yang mengandung kalsium memang sangat banyak dan pastinya mampu menjaga kesehatan sekaligus kepadatan tulang. Pasalnya jika kekurangan dapat mempengaruhi penuaan dini dan tulang cepat rapuh. Karena itulah sangat disarankan untuk anda semua agar mengonsumsi tahu di menu makanan sehari-hari. Dengan begitu tubuh akan tetap terjaga secara baik.

Meningkatkan Produksi Energi
Setiap tubuh pastu membutuhkan energi agar dapat beraktifitas dengan baik dalam sehari-harinya. Salah satu asupan gizi yang mampu meningkatkan produksi energi ialah tahu. Dimana tahu itu sendiri memiliki kandungan berupa zat besi yang mampu menyiapkan kebutuhan harian sebanyak 30% dalam 100 gram zat besi. Sementara itu, zat besi akan dimanfaatkan dari bagian hemoglobin, sehingga proses ransortasi dan pelepasan oksigen dalam produksi energi meninfkat.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis merupakan gejala gangguan kesehatan mengenai pengeroposan tulang yang sering dialami orang lanjut usia. Agar terhindar dari gejala ini, maka diasumsikan untuk makan makanan yang kaya akan kandungan protein misalnya tahu ataupun susu. Hal ini tentu saja tahu termasuk makanan nabati yang mengandung protein dan sumber kalsium. Dengan demikian dapat meminnimalisir risiko dari penyebab osteoporosis.

Menurunkan Kolesterol Tinggi
Taukah anda tahu dapat menjadi pengganti makanan dari protein hewani. Kedelai yang diolah mampu menurunkan asupan kolesterol dan lemak jenuh, dimana dapat mengakibatkan kadar kolesterol pada tubuh meningkat. Maka jika anda sering mengonsumsi makanan tahu secara tidak langsung akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Jadi tunggu apalagi untuk menambah asupan tahu demi tubuh.
Mengurangi Berat Badan
Bagi anda yang ingin diet dengan makanan sehat, ada baiknya menambahkan tahu kedalam daftar makanan kesehariannya. Jenis tahu apapun mampu melancarkan proses diet dengan cara menurunkan berat badan. Hal ini memang sudah terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan. Setidaknya anda mengonsumsi tahu secara rutin agar program diet dapat membuahkan hasil yang memuaskan.


Bagaimana, sudahkah anda makan tahu di rumah? Iya, sebaiknya konsumsilah menjadi makanan hewani tersebut karena harganya yang relatif lebih murah daripada makanan hewani, seperti telur, ayam, dan lain sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar